Tipe Transaksi Online Terpopuler Di Indonesia | Bisnis Krakatau

Tipe Transaksi Online Terpopuler Di Indonesia


Tipe Transaksi Online Terpopuler Di Indonesia

Dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang munculah tren menjual beli online saat ini, tentunya akan membawa makin banyak orang yang ingin mencoba ber-jualbeli online, entah sbg penjual barang atau serta yang merupakan pembeli. Mereka para pelaku menjual beli online, baik penjual ataupun pembeli pastinya berharap dapat melakukan proses transaksi dengan aman dan nyaman bagi ke dua belah pihak. Tetapi di mana ada kesempatan, di situ pun tentunya ada juga pihak-pihak tidak bertanggung jawab yg mau menggunakan celah ketidak tahuan para pelaku menjual beli online.

Disini para pelaku jual beli online makin dituntut untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses, resiko serta keamaan jika melakukan suatu transaksi online. Disisi lain, diwaktu ini tipe transaksi online juga makin beragam mulai dari type konvensional di mana pembeli dan penjual mesti betatap muka dalam melaksanakan proses transaksi sampai yang memanfaatkan transaksi otomatis seperti di beberapa toko online di indonesia dengan prosedur tanpa harus melakukan pertemuan antara pembeli dan penjual.

Oleh sebab itu bagi kamu para pelaku jual beli online dan  apalagi bagi kamu yg masihlah awam mengenai transaksi dunia maya, sepertinya mesti menyimak artikel ini. tentang 3 tipe transaksi menjual beli di internet yg paling umum dilakukan di Indonesia berikut ini.

1. Transfer Antar Bank 
Transfer Antar Bank

Transaksi secara transfer antar bank yaitu type transaksi yg paling umum dan terkenal dimanfaatkan oleh para penjual online. Selain cukup simple, tipe transaksi ini pun memudahkan proses konfirmasi dikarenakan dana dapat dgn segera di cek oleh penerima dana / penjual. Proses nya yakni mula-mula pembeli mengirim dana yg sudah disepakati dulu sesudah dana masuk, maka penjual akan mengirimkan barang transaksi yg dijanjikan.

  • Kekurangan transaksi antar bank ialah diperlukannya kepercayaan yg tinggi dari para pembeli sebelum memutuskan mengirim dana. Tipe ini sering terjadi penipuan. Misalnya, sesudah dana terkirim,  barang yang disepakati tidak dikirim penjual.

Kredibilitas atau nama baik penjual bisa menjadi tolak ukur bagi para konsumen atau pembeli. Salah satu tips dari saya yaitu pilihlah penjual yang memiliki kredibel yang rata-rata sudah memiliki kerja sama bersama bank yg dipakai buat proses transaksi. Bersama demikian keamanan dana kita sanggup lebih terjamin.

Utk para pembeli, jika ragu dengan kredibilitas si penjual, maka sebaiknya kita mencari informasi mengenai orang tersebut di internet sebelum men-transfer duit. Kita sanggup menemukan informasi mengenai bisnis orang tersebut, nomer rekeningnya, nomer telpon, ulasan pengguna sebelumnya, dan lain-lain, dgn cara mengetikkan beberapa baris kata di mesin pencari Google. Bila orang tersebut sempat tersangkut masalah penipuan atau transaksi tak lancar maka sebaiknya Kamu tunda dulu niat utk men-transfer.

2. COD (Cash On Delivery)
COD (Cash On Delivery)
Ilustrasi COD (Cash On Delivery)
Pada system COD sebenarnya masih menganut cara lama yakni dengan berjumpa antara penjual & pembeli. Rata Rata system transaksi ini dilakukan dalam menjual beli antar orang ke orang & pada umumnya COD dimanfaatkan untuk barang bekas sebab costumer mesti periksa dengan baik kondisi barang tersebut.

  • Keuntungan dari system ini ialah antara penjual dan pembeli lebih bisa leluasa dalam proses transaksi. Pembeli dapat menyaksikan dgn rincian barang yg dapat dibeli, dan juga memungkin kan tawar menawar. Tipe transaksi ini di populerkan oleh situs menjual beli seperti Tokobagus, Berniaga & banyak situs jual beli lain.
  • Kekurangan dari system ini yakni keamanan baik penjual ataupun pembeli. Dikarenakan bisa saja saja pihak yg dapat kita temui yaitu orang yg berniat jahat terhadap kita. Oleh karena itu tata cara yg bisa dilakukan ialah dengan menentukan lokasi transaksi yg aman bisa di area keramaian atau pergi dgn orang yg akan menjaga kita.

Sebagai informasi, masih banyak orang yg berniat jahat dgn memakai system COD ini. Kita mampu baca tentang kejadian penipuan menjual beli dgn system COD di forum kaskus. Utk menambah pengetahuan kita, ada baiknya membaca sekian banyak thread di Forum Kaskus menyangkut penipuan dgn modus jual beli dengan cara COD, lihat threadnya di SINI.
3. Rekening bersama(Rekber)
Rekening bersama
Tipe transaksi jual beli online yg terakhir merupakan dgn memanfaatkan rekening bersama atau yang juga dinamakan dgn istilah escrow. Cara pembayaran ini sedikit berbeda dengan proses pembayaran lewat transfer bank. Kalau dalam transfer bank, pihak ke-3 nya yakni bank, sedangkan dengan sistem Rekber yg jadi pihak ke3 yakni dinas pembayaran yg sudah diakui baik oleh pihak penjual ataupun pembeli.

Dalam hal ini peran lembaga pembayaran benar benar penting. Prosesnya ialah mula-mula pembeli mentransfer dana ke pihak lembaga Rekber. Sesudah dana dikonfirmasi masuk, lalu pihak Rekber meminta penjual mengirim barang yg telah disepakati. & jikalau barang telah sampai baru dana tersebut diberikan kepada sang penjual.

Dengan system ini dana yg diberikan oleh pembeli mampu lebih terjamin keamanannya. Dikarenakan dananya hanya dapat dilepas apabila barang benar benar telah di tangan. Kalau berlangsung masalah pun, dana mampu ditarik oleh sang pengguna. System ini banyak digunakan pada proses menjual beli antar member forum Kaskus. Setelah dipopulerkan sekarang ini sistem Rekber pun kian diminati dikarenakan dianggap lebih aman.

Berikut tadi ulasan tentang 3 tipe transaksi jual beli diinternet yg paling banyak dimanfaatkan di Indonesia. Mudah-mudahan mampu jadi berita berguna bagi kamu dan menambah wawasan menyangkut dengan cara apa bertransaksi yg aman dan nyaman di dunia Internet. Be smart buyer and be safety!!!

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Tipe Transaksi Online Terpopuler Di Indonesia . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.bisniskrakatau.com/2015/03/tipe-transaksi-online-terpopuler-di-indonesia.html . Terima kasih!

10 Komentar Untuk " Tipe Transaksi Online Terpopuler Di Indonesia "

di kaskus banyak gan penyedia rekber,, tiggal dipilih-pilih aja mana yang disepakati antara penjual dan pembeli ^_^

Yang belum punya rekening gimana ya nasibnya ? :(

sepertinya bisa disepakati dengan penjualnya,, seperti pembayaran via pulsa, dan sebagainya =D

kalo sekarang paling save cuma rekber

Benar sekali gan,, menurut saya juga gitu :)

Saya masih transfer sama cod belum sampai ke rakber, tapi keliatannya sih emang bener lebih aman kalo menggunakan cara rakber. hehe

Ane juga suka melakukan COD, soalnya gak ada rekening dan demi keamanan

sip ah.. posting untuk mencegah kejahatan.. saya suka saya suka.. hehe

Diharapkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan, Serta Tidak Menyebarkan Link Aktif. Jangan Lupa Follow Dan Like Fans Page Bisnis Krakatau Dan Dapatkan Informasi Yang Unik Dan Menarik Setiap Harinya, Terima Kasih Sudah Berkunjung ^_^